Apa Hubungan VST Dengan Aplikasi DAW Seperti FL Studio

Apa Hubungan VST Dengan Aplikasi DAW Seperti FL Studio : Steinberg, Apple, Ableton, Image-Line (FL Studio), dan Pre-Sonus merupakan beberapa pembuat developer / pengembang aplikasi DAW yang terkenal dan banyak digunakan selama ini. Saat digunakan di aplikasi DAW seperti FL Studio, VST Plugin bisa digunakan untuk menciptakan suara instrumen atau efek untuk mengolah suara.

Kalau kalian menggunakan FL Studio atau Ableton Live tentunya kalian akan menjumpai opsi VST Plugins di dalamnya. Untuk menggunakan berbagai jenis VST maka kita membutuhkan wadah(host) yaitu aplikasi DAW yang kami sebutkan sebelumnya, tergantung dari selera kalian lebih nyaman menggunakan yang mana.

Apakah VST Dan Plugin Itu 2 Hal Berbeda?

Biar kalian nggak salah kaparah atau salah mengartikan atau salah arti gitu, VST itu sendiri merupakan sebuah format plugin, jadi VST ini merupakan salah satu tipe softtware penghubung antara suatu plugin dan tempat pengolahannya yang biasa disebut “host”.

Adapun format yang lain selain VST itu termasuk Audio Unit(AU), Real Time Audio Suite (ARTAS), FL, dan DirectX (DX). Saat ini VST dan “plugin” telah menjadi bagian yang tak terpisahkan

Tipe Plugin VST Yang Umum Digunakan Produser

Ada banyak sekali VST plugin yang beredar diluar sana, tetapi tahukah kalian bahwa dari sekian banyak VST Plugins tersebut sebenarnya terbagi menjadi 2 kategori?

Yap, VST plugin umumnya terbagi menjadi 2 kategori, yaitu instrumen dan sound effect / efek suara. Nah buat sobat deejaay yang belum tahu tentang hal ini, tutorialbelajardj.xyz akan ngasih tahu apa sih yang perbedaan dari kedua kategori VST ini.

VST Instrumen

VST Instrumen ini mensimulasikan suara dari berbagai instrumen yang biasa atau sering dipakai dalam membuat musik / lagu, contohnya drum machines VST(VST Drum) untuk membuat suara drum, VST Piano untuk membuat suara dari piano akustik / classic/ klasik, dan synthesizer VST untuk suara seperti Roland TB-303.

VST effect

VST effect memberikan digital sound effects atau efek suara digital yang bisa digunakan untuk menambahkan efek reverb, distortion, stereo width dan efek lainnya ke dalam musik selama proses mixing.

Seberapa Mirip Suara Tiruan VST Plugins Dengan Alat Instrumen Yang Asli?

Perlu sobat deejaay ketahui, bahwa hingga saat ini, hal tersebut masih menjadi perdebatan dari berbagai pihak, sebagian orang beranggapan bahwa hardware analog (untuk buat sound effect) mustahil untuk ditirukan secara digital melalui software

Sedangkan sebagian orang lainnya memuji revolusi dari VST plugin itu sendiri karena membuat mereka dapat menghemat biaya untuk bisa melengkapi koleksi synth dan efek hanya dengan menggunakan laptop mereka.

Leave a comment